papuabaratprov.go.id

Minggu, 19 Juni 2011

4 Jam Diguyur Hujan, Manokwari Teredam Banjir


Manokwari - Akibat hujan deras yang mengguyur Kota Manokwari - Papua Barat, Minggu dini hari kemarin, ratusan rumah warga di kampung jawa, Wosi Distrik Manokwari Barat terendam banjir.
Hujan yang turun hampir empat jam tersebut, menggenangi pemukiman warga setinggi 1 meter / setinggi lutut orang dewasa.
Banjir tersebut, disebabkan karena meluapnya sungai wosi yang  tidak dapat menahan debit air yang dihasilkan hujan semalam.
Sesuai pantauan, sebagian besar warga di kampung jawa, hanya pasrah menghadapi kenyataan tersebut, yang mana setiap kali hujan deras, pemukiman daerah tersebut pasti terendam banjir.
Selain kampung jawa, terdapat 3 lokasi pemukiman warga lainnya yang juga mengalami hal sama, yakni belakang Kantor Golkar Sanggeng, Kampung Bugis dan Kampung Makassar.
Agus Tanati, yang rumahnya turut terendam banjir mengatakan, dirinya telah melaporkan kepada pemerintah daerah sejak tahun 2009 terkait minimnya saluran pembuangan dibadan jalan, namun tidak ditanggapi secara serius.  Dampaknya setiap kali hujan deras turun, rumah dikompleks ini mengalami banjir.
Akibat banjir tersebut, diperkirakan masyarakat mengalami kerugian ratusan juta rupiah, pasalnya ada sekitar  satu ton kacang kedelai yang ikut tersendam banjir. (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar