papuabaratprov.go.id

Jumat, 02 September 2011

Pentahbisan 6 Imam Baru Di Keuskupan Manokwari - Sorong


Papua Barat - Uskup Manokwari-Sorong Monsinyur Hilarion Datus Lega Projo, mentahbiskan enam (6) imam baru dari Ordo Santo Agustinus, Digereja Katolik Emaus Sorong.
Ke-enam orang imam baru itu masing-masing Pater Adri Valentino Dureng, Pater Felix Jangur, Pater Markus Malar, Pater Yohanis Salmon Sedik dan Pater  Yohanis Richard Yempormase.
Acara pentahbisan ke-enam imam tersebut yang dilakukan minggu 28 agustus bertepatan dengan hari ulang tahun pelindung Ordo Santo Agustinus, diamana para imam baru didampingi masing-masing orang tua dan keluarga.
Prosesi penthabisan diawali dengan tarian adat yang menandakan penyerahan para calon imam baru dari orang tua kepada gereja yang diiringi  musik drum band dari para pelajar SMA YPPK Agustinus Kota-Sorong Papua Barat.
Tarian adat penyerahan imam baru yang berasal dari Daerah Karon Kepala Burung Tanah Papua sekaligus menggambarkan betapa orang tua dari para imam baru dengan kepenuhan hati menyerahkan anak mereka kepada gereja untuk melakukan tugas pelayanan kepada Tuhan dan sesama.
Acara penthabisan yang dilakukan melalui perayaan ekaristi  dipimpin langsung Uskup Manokwari-Sorong Hilarion Datus Lega Projo didampingi prior dibantu para pastor dari Ordo Santo Agustinus.
Penthabisan 6 pastor  yang dintandai penumpangan tangan dan pemakaian jubah oleh Uskup Hilarion,  para imam baru didampingi orang tua masing-masing.
Usai parayaan ekaristi Uskup Hilarion pada sambutannya mengatakan, penthabisan 6 imam baru ini merupakan tanggungjawab seluruh umat katolik di  Keuskupan Manokwari – Sorong.
Untuk itu uskup berharap dukungan doa dari seluruh umat katolik  khususnya di Keuskupan Manokwari-Sorong terhadap  proses pelayanan dari ke- 6 pastor baru tersebut.
Sementara itu Pastor Yohanes Salmon Sedik, OSA  dalam sambutannya mewakili ke 6 pastor baru mengatakan  manusia dikategorikan  dalam 2 teori hukum fisika, yakni gerak grafitasi dan gerak melayang atau uap. Yang mana bila manusia jatuh kedalam dosa, hanya melalui hukum uap (Yesus Kristus) Manusia dapat diangkat kembali.
Sedang mewakili keenam orang tua dari imam baru Barnabas Frengky Sedik dalam pesannya menghimbau kepada para imam baru untuk menekuni tugasnya yang merupakan sebuah perjalanan yang panjang.
Acara pentabhisan 6 pastor yang berlangsung meriah dan penuh hikmah diikuti  Ketua Majelis Rakyat Papua Barat Vitalis Yumte, Para Pejabat Kabupaten/Kota Sorong, Maybrat, Tambrauw.
Hadir pula  Abraham  Oktavianus Ataruri bersama Ibu, Mantan Bupati Sorong, Jan .Piet Wanane, Mantan Wakil Wali Kota Sorong, Hengky Rumbiak, Wakil Ketua DPRD Kota-Sorong, Petrus Fatlolon serta ribuan umat katolik. (Evan Salves)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar